Sunday, June 22, 2014

Manfaat Minyak Zaitun

Assalamualaikum...
Annyeong...
Ada yang belum pernah dengar minyak zaitun atau olive oil?
Pastinya smua sudah pernah dengar ya …karena memang sangat familiar baik di bidang kecantikan,kesehatan atau kuliner. Tapi sebenarnya minyak zaitun itu apa sih?? 

Minyak zaitun merupakan kandungan minyak yang diambil langsung dari buah zaitun yang ada ditimur tengah sono dan mempunyai beberapa jenis yang bervariasi dalam rasa ataupun warna, tergantung tingkat keasaman yang diberikan masing-masing minyak zaitun tersebut. Jenis yang terbaik untuk kosmetik mungkin bukan yang terbaik untuk memasak.Untuk mengetahui keaslian minyak zaitun kita bisa memakai indikator warna,rasa dan tingkat keasaman:
  1. Extra Virgin Olive Oil: Minyak yang terbaik dan mahal. Tingkat keasaman kurang dari 0,8%.Dan dingin di tekan. Rasa dan aromanya unik. Muncul dengan kehijauan emas untuk warna hijau terang. 
  2. Virgin Olive oil: Minyak zaitun yang baik,sedikit lebih rendah daripada Extra Virgin Olive oil.Tingkat keasaman kurang dari 2%.Dapat digunakan untuk memasak. Rasa dan aroma yang kuat.
  3. Refined Olive Oil:Minyak zaitun yang diperoleh dari hasil pencampuran antara Virgin Olive Oil dan Refined Olive Oil, memiliki lebih dari 1,5 % keasaman, dan aromanya telah berkurang. Di pasaran di beri label”olive oil” saja. Dan kadang diberi juga label “light” dan “extra light’.
Tiga jenis minyak itu yang banyak kita temui di pasaran. Tentu saja untuk mengetahui tingkat derajat keasaman tidak cukup dengan mata telanjang .Kita bisa menggunakan kertas PH atau alat PH meter. Tapi kalau bingung-bingung pilih saja minyak zaitun yang diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya.Mereka tentu punya SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam berproduksi serta punya QC (Quality Control).

Begitu banyak manfaat minyak ini dibandingkan dengan minyak jagung, kedelai, atau yang lain karena tingkat kolesterolnya yang hamper 0 (nol) persen. Nol persen Kolesterol inilah yang menyebabkan minyak zaitun ini terkenal. Sebab hampir tidak ada minyak lainnya yang memiliki kadar kolesterol serendah minyak zaitun ini. Sehingga banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, kuliner bahkan kecantikan.

Disini saya hanya akan membahas tentang manfaat minyak zaitun dalam bidang kecantikan ya karena sangat berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari bagi wanita.Perancang busana dunia Sophia Loren memberikan rahasia kecantikannya dengan minyak zaitun.
  1. Masker wajah.Usapkan minyak zaitun pada wajah dan hindari area mata. Setelah satu menit, hapus dengan air hangat. Minyak zaitun berfungsi sebagai masker anti penuaan.
  2. Perawatan rambut. Minyak zaitun baik dipakai untuk melembabkan rambut kering dan sangat disarankan bagi yang memiliki rambut tebal untuk melembutkan rambut yang kaku.Selain itu minyak zaitun juga dapat membasmi ketombe dan merawat rambut yang rusak loh kawans. Caranya, aplikasikan minyak zaitun dengan handuk hangat dan biarkan selama 20 menit, lalu cuci bersih.
  3. Melembutkan kulit. Gunakan minyak zaitun di kaki untuk melembutkan dan menghaluskan kulit sebelum tidur. Pakai kaos kaki agar zaitun meresap sempurna. Pemakaian rutin menjadikan kaki halus dan lembut.
  4. Perawatan tangan dan kuku. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh produk perawatan kuku dan tangan. Usapkan minyak zaitun pada tangan dan kuku membuat kuku lebih sehat.
  5. Lulur.Campurkan garam, gula dan minyak zaitun dan gunakan sebagai lulur. Hasilnya, disamping akan mengelupas sel-sel kulit mati, kulit lebih lembut dan lembab.
Apabila memang terlalu repot untuk meracik minyak zaitun secara alami dari tangan kita sendiri ada baiknya kita membeli bebrapa produk kecantikan yang mengadung olive oil apabila memang membutuhkan. Diantaranya Body Cream with Nourishing Olive & Bamboo dari oriflame yang bias merawat kulit dengan pelembab yang menutrisi tubuh. Mengandung aroma segar dan nutrisi Olive dan ekstrak bambu, secara insentif menutrisi dan mengencangkan kulit sepanjang hari. Atau masih banyak produk-produk dari berbagai macam merek yang menyajikan olive oil dalam bentuk produk-produk mereka.

source:berbagai sumber

No comments:

Post a Comment