Thursday, March 12, 2015

Cara Mengedit Foto Color Splash

Assalamualaikum...
Annyeong...
Sejak gabung di komunitas pecinta fotografi @uploadkompakan di Instagram, saya jadi rajin ngutek edit foto-foto lama. Saya bukan orang yang paham tekhnik fotografi secara profesional atau orang yang berkecimpung di dunia food photography tapi saya hanya suka melihat foto-foto cakep dan ciamik terutama foto makanan, entahlah mungkin karena saya suka masak akhirnya saya suka menjadi fotografer abal-abal yang hanya berbekal kamera hp dan kamera digital :D
Tapi ya tidak masalah, kan tetap bisa disetting ISO nya dan lain sebagainya :p 
Maka tak heran kalau kemudian di handphone saya ini dipenuhi aplikasi editing foto :p

Dari sekian banyak aplikasi saya paling senang dan sering gunakan Snapseed, Camera360, After focus dan Pixlr Express karena kelengkapan fiturnya mulai dari brightness,  contrast,  saturation,  shadow,  sharpen and smoothing, tilt shift dan lain sebagainya. Untuk background agar pas di bagi di Instagram saya lebih suka menggunakan Pic Collage dengan latar  putih dan watermark di Phonto,  Pixlr,  atau Pic Collage.

Dan yang lagi ngetrend saat ini di dunia perinstagraman adalah color splash yaitu mengedit foto menjadi hitam putih namun tetap ada 1 warna asli yang ditampilkan sesuai keinginan kita. Untuk ini saya gunakan Camera360 karena lebih sederhana. Saya akan bahas langkah-langkah menggunakan efek ini ya kawan.




Sebelumnya tentu kawan-kawan harus punya aplikasi ini ya. Aplikasi Camera360  ada dua macam yaitu  Camera 360 for android  dan Camera360 ultimate . Perbedaannya Camera360 ultimate bisa mengedit foto lama yang bisa diambil langsung dari galeri foto. Jadi bagi yang sudah mendownload aplikasi ini, jangan hanya gunakan untuk menghilangkan jerawat dan menambah cling wajah ayu atau ganteng kawan-kawan ya, eksplor sedikit biar tidak bosan hihihi.... 

Pertama jangan lupa untuk login agar bisa menggunakan fitur secara lengkap. Kemudian atur setting kamera sebelum memotret obyek atau langsung mengedit foto yang diambil dari galeri foto. Untuk mendapat efek Color splash ini silahkan gunakan fitur magic color pada menu efek. Ini bukanlah efek standar jadi harus di download dulu dieffect store. 




Setelah proses memotret selesai ataupun memilih foto langsung dari galeri foto, gunakan efek ini dan pilihlah sesuai warna yang ingin ditampilkan apakah merah, oranye, biru atau yang lain. 




Kemudian efek ini bisa langsung diterapkan atau ditambah efek lain seperti cahaya, detil ataupun blur. 




Dan voilaaaa.... 
Inilah hasilnya... bagus kan. Selamat mencoba ^^

2 comments:

  1. Aslkm mba maaf trm kasih, bermanfaat sekali ilmunya :) mau tanya klo mau edit background via aplikasi yg mba sebutkan diatas caranya gmn yaa mba.. maaf mba klo tanya2 :D
    Terima kasih sblmnyaa
    Salam kenal yaa mba :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.. hai mba rilys salam kenal juga..

      Maksudnya buat edit background biar bisa blur ya mba? bisa klik disini mba http://indahrokhmawati.blogspot.co.id/2015 /11/cara-membuat-background-foto-blur_12.html

      makasih sudah berkunjung :)

      Delete