Wednesday, March 11, 2015

Manfaat Daun Kemangi

Assalamualaikum...
Annyeong...
Seperti yang sudah saya bagi sedikit kemarin di instagram tentang kemangi, kali ini saya merangkum lebih detil tentang daun serba guna ini. Dari sekian banyak jus yang saya konsumsi, kemangi menjadi bahan yang lebih sering saya gunakan dibanding yang lain, itupun karena beberapa alasan. Jika sebagian orang lebih suka digunakan sebagai lalapan, maka saya lebih suka di blender menjadi jus dicampurkan sedikit gula agar tidak terlalu pedas, dan satu sendok madu untuk 1 gelas jus kemangi untuk menambah khasiatnya.

Dari beberapa situs kesehatan, diantara manfaat daun kemangi untuk tubuh adalah:
  • Merangsang kekebalan tubuh dan anti oksidan alami. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diketahui sebagai salah satu antioksidan yang berfungsi  melawan lipid oksidasi dalam hati. Selain itu daun kemangi sangat baik dikonsumsi dalam masa pemulihan setelah sakit dan baik untuk perut. 
  • Sebagai obat flu dan batuk alami. Daun kemangi dapat digunakan  sebagai obat batuk alami yaitu sebagai obat batuk ayurvedic dan ekspektoran yang dapat memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Dalam beberapa kasus daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat asma dan gangguan pernafasan yaitu dengan merebus kemangi, jahe dan madu sebagai jamu. Selain itu daun kemangi juga mampu menjadi pereda radang tenggorokan yaitu dengan merebusnya dan menjadikannya obat kumur alami. Selain meredakan radang tenggorokan, hal ini juga bisa menjadikan nafas tetap segar dan bebas bau mulut. 
  • Sebagai obat demam. Untuk demam yang tinggi, kawan-kawan bisa merebus daun kemangi dan kapulaga dengan air. Selain itu bisa ditambah gula dan susu agar rasa tidak terlalu pedas. 


  • Bagus untuk jantung dan dapat menurunkan kolesterol jahat. 
  • Menyehatkan mata. Daun kemangi merupakan bahan alami selain wortel untuk membantu kesehatan mata. Daun kemangi bisa membantu mengurangi stres mata dan mencegah gangguan mata yang lain. 
  • Merangsang keluarnya hormon bagi tubuh. 
  • Melawan menopouse dini. Daun kemangi mengandung zat triptofan yang dapat melawan menopouse terlalu awal. 
  • Mengobati keputihan. Daun kemangi mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan. Selain itu daun kemangi juga bisa membantu alat reproduksi tetap sehat dan sedap. Untuk ini akan lebih baik jika daun kemangi dikonsumsi mentah tanpa diolah. 
  • Menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi mengandung banyak betakaroten dan magnesium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kawan-kawan bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan atau sebagai minuman hangat. 
  • Merangsang sel telur. Daun kemangi mengandung zat stigmaasterol yang dapat merangsang pematangan sel telur (ovulasi). 
  • Memperkuat daya hidup sperma.  Dalam proses reproduksi, dibutuhkan sperma yang berkualitas, diantaranya adalah sperma tersebut mampu mencapai sel telur dalam kondisi hidup dan bagus. Daun kemangi mempunyai zat yang dapat membantu memperkuat daya hidup sperma tersebut dan dapat membantu melawan ejakulasi dini. 
  • Mencegah kemandulan
  • Mencegah bau badan
  • Menjaga kesehatan kulit dan anti jerawat. Daun kemangi mengandung senyawa anti bakteri dan anti jamur yang dapat menyebabkan panu dan masalah kulit lainnya. Selain itu daun kemangi juga dapat menjadi obat bersih darah alami sehingga mampu mencegah munculnya jerawat. 
Selain itu masih banyak manfaat daun kemangi seperti mencegah sariawan, sebagai antiseptik alami, melawan diabetes, anti hepatitis, sebagai antioksidan yang dapat melawan efek nikotin sehingga baik dikonsumsi oleh perokok, anti stroke dan pereda stres.

Mau hidup lebih sehat? yuk mulai mengkonsumsi buah dan sayur dan menjadikan bahan alami sebagai obat dan jamu alami kita. 
Semoga bermanfaat ^^


diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment