Thursday, March 26, 2015

Download Al Ma'tsurat Pagi dan Petang

Assalamualaikum...
Annyeong...
Doa dan dzikir al ma’tsurat adalah kumpulan doa-doa ma’tsur yang disusun oleh Hasan al Banna rahimahullah ‘alaih. Berisi doa-doa yang dibaca setiap pagi dan petang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Untuk al ma'tsurat pagi disarankan selepas subuh dan untuk yang petang disarankan selepas ashar. rujukan al ma'tsurat pertama kali yang saya baca adalah buku kecil praktis yang bisa dibawa kemanapun, namun jika memang tidak berkesempatan dzikir pagi petang ini bisa didengarkan pula melalui hp atau alat pemutar musik mp3 lainnya.


Memang pada dasarnya tidak ada batasan dzikir yang ditentukan Allah karena inti dzikir adalah mengingat Allah, memasukkan Allah dalam tiap nafas, gerak dan aktivitas kita. Doa dan dzikir apapun yang dilakukan secara istiqomah dan penuh pengingatan akan Allah in syaa Allah lebih baik jika dibanding dzikir panjang yang dilakukan jarang-jarang dan separuh hati. 


Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa:
Diriwayatkan dari Sya’bi dari Ibnu Mas’ud ra, “ siapa yang membaca 10 ayat dari surat al Baqarah di rumah, setan tidak masuk ke rumah tersebut malam itu hingga pagi hari, empat ayat yang pertama, ayat kursi, dan dua ayat setelahnya, dan penutupnya ( tiga ayat terakhir)." 
(HR.Thabrani )


Benar bahwa al ma'tsurat mengandung ayat-ayat yang disebutkan dalam hadist tersebut, maka secara otomatis bacaan al ma'tsurat mengcover hal tersebut. Oleh karena itu baik jika setiap pagi dan petang kita luangkan membacanya. Selain itu keutamaan membaca al ma’tsurot lainnya adalah sebagaimana yang diriwayatkan Dari Ibnu Abbas ra. Berkata, Rasulullah saw bersabda, “siapa yang mengucapkan ketika pagi hari, ‘ Allahumma inni asbahtu minka fi ni’matin….’ tiga kali ketika pagi hari dan tiga kali ketika sore, Allah menyempurnakan nikmatnya atasnya.” (HR.Ibnu Saunni)

Untuk memudahkan mendownload, kawan-kawan bisa mengikuti link download berikut :


Al Ma'tsurat Pagi
Al Ma'tsurat Petang


Wallahua'lam Semoga bermanfaat
*diolah dari berbagai sumber
 * copyright of the files  in link are belong to the real owner

No comments:

Post a Comment