Saturday, April 4, 2015

Bahan Rumahan Sebagai Obat Mujarab

Assalamualaikum...
Annyeong...

Selama ini kita banyak menggunakan obat yang telah diracik oleh ahli kesehatan dalam menyembuhkan penyakit atau  masalah kita. Tapi tahukah kawans bahwa ada beberapa bahan rumahan atau ada dirumah yang setiap hari dapat kita temukan yang mampu menjadi obat mujarab bagi beberapa masalah kita, diantaranya: 


photo credit: ragammanfaat.com
  • Obat kumur sebagai penghilang jamur kaki. Kaki terutama kuku merupakan tempat yang paling sering terinfeksi jamur dikarenakan tempatnya yang lembab karena seringkali tertutup saat menggunakan sepatu. Biasanya kuku yang terkena jamur akan ditandai dengan berubahnya warna kuku menjadi coklat atau hitam, lebih tebal dari biasanya dan gatal. Untuk mengobatinya kita bisa menggunakan obat kumur. Karena kandungan obat kumur yang berupa hexylresorcinol dan salisilat adalah senyawa antijamur yang baik yang mampu membunuh jamur di kaki. Caranya bersihkan kaki dengan air bersih kemudian keringkan, setelah itu rendam kaki dengan obat kumur atau bisa disemprotkan dan diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Gula untuk meredakan cegukan. Cegukan adalah mengejangnya diafragma kita tanpa kita sadari yang diakibatkan oleh rendahnya kandungan karbondioksida dalam darah. Cegukan yang terlalu panjang bisa membahayakan diri karena bisa berujung pingsan bagi penderita karena irama kerja jantung menjadi tidak beraturan. Cara untuk meredakan cegukan ini adalah dengan memakan satu sendok gula kering. 
  • Yogurt plain sebagai penghilang bau mulut. Kandungan gula alami yang ada pada yogurt plain mampu menghilangkan bau mulut yang diakibatkan komponen sulfur yang terkandung dalam rongga mulut kita. Hal ini juga bisa berarti gula sebagai penetralisir karena pada beberapa kasus bau mulut diakibatkan oleh kapasitas asam lambung yang terlalu tinggi. Cukup dengan mengkonsumsi maksimal 200gram per hari sesuai anjuran ahli kesehatan maka secara otomatis masalah bau mulut ini akan teratasi.
  • Permen karet mampu menurunkan stres. Gerakan mengunyah permen karet selain mampu menurunkan ketegangan ternyata juga bisa sebagai waktu relaksasi bagi otot-otot tubuh. Oleh karena itu pilihlah permen karet yang rendah gula agar aktivitas mengunyah permen karet tidak berakibat buruk bagi kesehatan gigi.
  • Tomat sebagai obat anti jerawat. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang banyak terdapat didalam buah tomat mampu mengeringkan jerawat bahkan menghilangkan bekasnya. Caranya cuci dan potong tomat, gosok-gosokkan pada kulit wajah, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Atau bisa juga sebagai masker wajah, caranya potong kecil dan hancurkan tomat gunakan sebagai masker wajah. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air hangat.

diolah dari : Spotlite trans7 Sabtu 4 April 2015

No comments:

Post a Comment