Sunday, September 18, 2016

Gochujang Versi Lidah Indonesia

Assalamualaikum...
Annyeong...

Siang ini lihat downloader masih 90% jalan buat download drakor Cinderella and Four Knights, maklum tadi pagi download lewat uptobox putus di menit ke-7. Baru nyadar pas nonton, rasanya gemes-gemes gimana gitu, udah pewe nonton eh ternyata file nya putus huhuhu..Sambil menunggu saya mau membagi post tentang gochujang atau saos merah pedas ala Korea. Sebenarnya resep ini sudah agak lama dan baru saya share di Instagram dan Cookpad saja, baru kemudian saya ingat bahwa belum sempat share di blog. Maka siang ini akan saya share berikut resep chicken popcorn ala Korea di post berikutnya.

Gochujang adalah saos pedas berwarna merah yang banyak digunakan masyarakat Korea untuk berbagai makanan, misalkan kimchi, teokbokki dll. Resep ini juga banyak bertebaran di internet baik web, blog maupun akun sosial media dengan berbagai versinya. Yang saya gunakan adalah resep punya mbak Ayudiahrespatih. Untuk catatan saja, saya pernah menambahkan cabe merah segar saat membuat saos ini, waktu itu bertujuan agar lebih pedas. Jadi kalau misal ada yang mau mencoba dan ditambahkan gilingan cabe merah besar yang telah dibuang isinya, jangan lupa menumis pasta ini sebentar sampai meletup-letup.


GOCHUJANG
Bahan:
  • 3 sdm tepung ketan
  • 4 sdm cabe merah bubuk
  • 5-6 sdm kecap asin
  • 1,5 sdm gula
  • 2 sdm cuka (saya pakai jeruk nipis)
  • 5 siung bawang merah parut
  • 4 sdm air atau sampai mencapai kekentalan seperti aslinya

Cara Membuat:
  • Campurkan tepung ketan dan cabe bubuk
  • Masukkan semua bahan lain, aduk rata sampai membentuk pasta
  • Gochujang siap digunakan

Selanjutnya kita bisa menyimpan saos ini untuk berbagai cemilan atau makanan ala Korea versi Indonesia. Iyalah, kadang keterbatasan bahan membuat kita kesulitan meniru, oleh karena itu berdayakan saja apa yang ada, jangan maksa hihihi..

Di post selanjutnya akan saya bagi salah satu cemilan favorit (eh di pake buat lauk juga oke kok,enaaakk) yaitu chicken popcorn ala Korea.

No comments:

Post a Comment