Tuesday, December 27, 2016

Mochi Gulung Vanila

Assalamualaikum...
Annyeong...
Masih dari makanan Jepang. Eh, sebelum lanjut ke resep sebenernya saya pengen curcol dulu tentang kue Mochi ini. Saat saya membuat ini kebetulan memang menyesuaikan tema harian Instagram uploadkompakan. Waktu itu temanya adalah kue Mochi dan karena selai cokelat kacang kesukaan tinggal seiprit maka diputuskan bikin Mochi gulung saja dibanding Mochi dengan isian. Pas saya keliling hashtag ada info menarik "kue Mochi adalah kue khas dari kota Sukabumi". Sumpee kakak saya baru tahu, saya kudet bin kuin. Selama ini hanya mikir kalo yang mirip dengan kue Mochi Jepang adalah jajanan Yangko dari Jogja jadi ketika baca beberapa pernyataan ini (Mochi kue khas Sukabumi) secara otomatis saya mikir aneh. Mulai dari orang Jepang belajar bikin kue Mochi dari orang Sukabumi, orang Sukabumi pernah diajarin bikin Mochi orang Jepang, pertanyaan apakah Sukabumi pernah segitunya dijajah Jepang? dan pertanyaan lain yang bikin saya sendiri tersenyum nyengir hahaha..Sempat ingin gugling tapi lupa karena waktu itu bareng bikin pesenan donat, jadi saya harus segera kembali ke adonan dan nguleni :D


Waktu pertama liat bentuk Mochi gulung yang terbersit difikiran saya adalah isi ramen! Jepanglah kesannya. Kemudian dari beberapa resep yang dibaca, saya coba mix and match plus menyesuaikan apa yang ada didapur. Maka saya buatlah Mochi gulung ini dengan perisa vanila. Jadi kalau kawans ingin membuat dengan aroma lain bisa diganti dengan perisa rasa lain. Yang jelas ciri khas Mochi yang legit tentu saja masih sangat kental disini, wangi dan manis...Jadi buat yang tidak terlalu suka manis, gula bisa dikurangi atau bahkan ditambah buat yang suka. Bagi saya ukuran ini sudah pas dan tidak terlalu manis

Bahan:
  • 150 gr tepung ketan
  • 50 gr tepung serba guna
  • Sejumput garam
  • 200 ml air
  • 110 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanila essence 
 Olesan:
  • 2 sdm air matang
  •  3 tetes pewarna makanan, aduk rata
Atau jika punya pasta pandan bisa diganti dengan pasta pandan

Taburan: 
Wijen sangrai secukupnya


Cara Membuat:
  • Larutkan gula pasir dan air, tunggu agak dingin
  • Campur semua bahan, aduk dengan whisker balon manual sampai halus tidak bergerindil
  • Tuang pada loyang yang telah dioles minyak (saya uk 20x20), kukus kurang lebih 20 menit atau sampai matang
  • Hangat-hangat beri olesan pewarna, gulung dan taburi dengan wijen sangrai. Ketika dingin potong dengan pisau yang telah diberi minyak agar tidak menempel

Dan siap disajikan...Rasanya kaki makin njarem ini, maklum habis mbenerin rumput ditanah yang cuma setengah meter tapi begaya pengen dimacem-macemin biar sok punya taman jiahahah..Selamat mencoba, enak koq Mochi gulung ini, kenyal, manis, bau harum wijen sangrainya mengingatkan pada onde-onde anget Boliem  :D

Selamat malaaammm...Wassalam

No comments:

Post a Comment