Wednesday, January 18, 2017

Euforia Lumpia Rebung

Assalamualaikum...
Anyeong...
Ceritanya beberapa hari kemarin, ada kalo sekitar semingguan, waktu itu kebetulan di rumah ada beberapa tukang yang mbetulin, dan kebetulan pula saya lagi pengen makan rebung, jadi waktu ke pasar beli rebung 2 plastik seharga dua rebuan. Murah dunk, itulah senengnya hidup di pedesaan, kalo gak "ngramban" (nyari sayur sendiri) ya dapet sayur dengan harga murce hehehe... Maka dengan niat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, punya rencanalah saya untuk membuat lumpia kering dengan isian rebung ini untuk dimakan sendiri demi keinginan tak terbendung (tsaaahh... :D) dan juga sekalian buat camilan pak tukang. Sebelumnya pernah buat gitu? Pernah tapi pake kulit instan, sementara sekarang mau bikin sekalian sama kulitnya. Tapi lagi males browsing, males juga nanya, maka akhirnya saya ngarang!

Iyes beneran saya ngarang sodara-sodara! Makanya ketika hasilnya enak, sukses lah kalo saya bilang, karena waktu dihidangkan langsung ludes tanpa sisa. Seneng dooonk...Langsung merasa euforia kek nemu daratan dari tengah lautan : EUREKA! bahaha...

Kalo dilihat penampakan lumpia pada hari penemuannya seperti ini, kalo masalah isi tentu bisa dikreasikan sendiri sesuai keinginan. Ada yang suka diisi dengan wortel dan kecambah, ada yang suka diisi dengan daging ayam cincang, dan kebetulan memang saya pengen ngisi pake rebung.




Gara-gara "resep lumpia nemu" ini saya jadi pengen bikin satu lagi blog khusus makanan, dari mulai resep yang pernah saya coba dan berhasil, review dan lain sebagainya, yah sok pengen jadi food blogger gitu hihihi... Tapi kemudian saya sadar dari lamunan dan angan-angan saya, boro-boro bikin blog lagi, ngurusin blog satu ini aja musiman, kadang musin rambutan kadang musim kemarau :D Belum lagi ngurusin sosmed, FB aja udah lumutan karena jarang dibuka, Twitter mungkin juga udah banyak sarang laba-labanya, Path, MP dan lainnya pun udah ditutup, eh malah begaya mau nambah blog, belagu amat lu kata gue :D

Maka dengan kesadaran sepenuhnya saya urungkan niat itu hehehe...sayang aja sama blog satu ini, kasian kalo jadi keteter gegara banyak yang diurus. Mending saya ngarang resep lagi, bikin DIY atau yang lain buat diposting disini kan. Oh ya yang pengen nyoba lumpia isi rebung ngasal saya bisa dicoba dengan resep dimari yes. Karena lagi malas maka bahannya pun cuma saya sendokin, jadi kalo ada yang belum punya alat takernya bisa dikira-kira ya, atau browsing aja buat mengkonversinya ke gram. Yang ini penampakan lumpia di pembuatan kedua, karena yang pertama endeuss, ada yang rikues untuk menyajikan kembali, bikinnya dua kali lipat karena selain untuk sajian tukang juga untuk dimakan sekeluarga sendiri yang kebetulan lagi ngumpul


Bahan Yang Diperlukan Adalah
 Bahan Kulit:
  •  2 cup tepung terigu serba guna
  • 1 sdm tepung kanji
  • 1 butir telur utuh
  • Sejumput garam
  • 1 3/4 - 2 cup air
  • 1 sdm minyak goreng
 Cara Membuat Kulit:
  • Kocok telur, garam, minyak goreng. Campurkan terigu, tuang air sedikit demi sedikit sampai tingkat keenceran yang diinginkan. Aduk rata sampai halus tidak bergerindil
  • Panaskan wajan teflon, oles sedikit minyak goreng. Ambil 1 sendok sayur adonan dan buat dadar. Lakukan sampai adonan habis

Bahan Isi:
  •  300 gr rebung, rebus dengan sedikit garam sampai empuk, tiriskan
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 1 tangkai daun selendri, iris halus
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm minyak goreng
  • Gula, garam, merica bubuk secukupnya
Cara Membuat Isi:
  • Panaskan minyak goreng, tumis duo bawang sampai harum, masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna
  • Masukkan wortel, masak sampai setengah matang kemudian masukkan rebung dan seledri
  • Bumbui dengan gula, garam, merica bubuk kemudian cek rasa. Masak sampai matang. Biarkan agak hangat
  • Ambil satu lembar dadar, isi dengan 1 sdm isian atau sesuai selera. Gulung, rekatkan sisi-sisinya dengan larutan tepung. Lakukan sampai habis kemudian goreng sampai kecokelatan

Bahan Sambal Pedas Ala Thai:
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 buah cabe merah
  • 1 siung bawang putih, parut
  • Gula, garam, air jeruk nipis secukupnya
  • 1 sdm larutan maizena
Cara Membuat Sambal:
  • Ulek kasar cabe, bisa juga kalau hanya dirajang halus, masak semua bahan sampai mendidih kecuali larutan maizena
  • Cek rasa, tambahkan larutan maizena, masak sampai matang dan mengental
 Semoga Bermanfaat ^^ 

No comments:

Post a Comment