Friday, April 4, 2014

Cara Membuat Bros Bunga Dari Kain Flanel

Assalamualaikum...
Annyeong...
Hoahemmmm..ladies sampai saat ini saya bahkan belum bisa tidur, dan memang tidak boleh tidur ya, karena Rasulullah melarang kita tidur di pagi hari. Allah telah menetapkan waktu istirahat bagi manusia yaitu pada siang dan malam hari (Q.S Ar Ruum :23) maka jadilah kita habiskan pagi ini dengan serentetan pekerjaan rumah tangga dan sedikit hiburan ini, membuat sebuah bros bunga sederhana dari kain flanel.

Kain flanel dapat digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan mulai dari tas, menghias tempat tissue, bros, pita rambut, gantungan kunci dan sebagainya. Saya pilih membuat bros ini karena bahannya cukup sederhana dan membuatnya pun cukup mudah. Selain itu waktu yang digunakan pun relatif singkat yaitu sekitar 10 menit saja.
Baiklah mari kita mulai langkah-langkah pembuatannya:

foto : koleksi pribadi

1. Sediakan bahan dan peralatan teelebih dahulu yaitu terdiri dari kain flanel denga warna yang diinginkan, gunting kain, benang jahit, jarum jahit, jarum pentul dan lem lilin.
2. Buat pola lingkaran dengan diameter sekitar 4cm pada sebuah kertas, kemudian dari pola tersebut potonglah kain sesuai bentuk pola, disini saya gunakan jarum pentul untuk menyemat agar tidak goyang atau bergeser sehingga didapatkan bentuk yang diinginkan.
3. Lakukan pembuatan pola pada kain sebanyak 7 lembar lingkaran.
4. Ambil 1 lembar kain bulat, lipat menjadi dua bagian tepat pada diameternya.
5. Dari kain yang telah dilipat, lipat kembali menjadi dua, sehingga kain bulat tadi terlipat menjadi 4 bagian.
6. Dari lipatan kain, jahit sudutnya sehingga lipatan tidak lepas.


foto : koleksi pribadi


7. Lakukan pelipatan kain dan jahit sudutnya sebanyak 6 lembar, sisakan 1 lembar sebagai alasnya.
8. Ambil satu kain lipat kemudian jahit ujungnya pada kain yang berbentuk bulat.
9. Lakukan penataan kain tersebut pada lapis pertama sebanyak 3 lembar, biarkan mereka menyisakan sedikit ruang diantaranya,
10. Lakukan hal yang sama pada lapis kedua. Kali ini letakkan lipatan kain pada ruang-ruang yang disisakan kain-kain dilapis pertama, lakukan sampai habis.
11. Lelehkan lem dan oleskan sedikit pada bagian belakang.
12. Terakhir sematkan peniti bros padanya.

Dan voila...bros bunga cantik siap digunakan. Selamat mencoba... ^_^

foto : koleksi pribadi

No comments:

Post a Comment