Tuesday, April 8, 2014

Pengusir Bau

Assalamualaikum...
Annyeong...
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya bau busuk atau anyir sering menjadi masalah yang meresahkan, terutama jika bau tersebut ada di dalam rumah kita. Adanya bakteri atau kuman penyebab bau baik itu dalam ruangan maupun kamar mandi tentunya membuat tidak nyaman. Apalagi jika bau tersebut ada di dapur, yang biasanya adalah bau anyir akibat proses pembersihan ikan atau daging, yang membuat tidak betah berlama-lama di dapur. Oleh karena itu, saat ini saya ingin berbagi bahan-bahan alami yang sudah saya praktekkan untuk mengusir bau. Berikut bahan-bahan tersebut.

gambar: astaga.com
  • Bubuk Kopi
Bubuk kopi adalah bahan andalan saya untuk mengusir bau ruangan, baik itu di dapur, kamar mandi, ruangan rumah bahkan di dalam kulkas. Kopi merupakan penetralisir bau yang merupakan resep para leluhur kita, bau busuk akibat kuman di dapur akibat pembersihan ikan atau daging, bau busuk akibat kuman kamar mandi yang tak mampu dihilangkan dengan pembersih toilet, atau bahkan bau kulkas yang kadang ada akibat kurang bersihnya kita, dapat hilang dalam waktu yang cukup singkat dengan bubuk kopi ini. Caranya cukup mudah, ambil bubuk kopi, letakkan dalam wadah kecil dan letakkan di daerah yang berbau, maka tak lama kemudian bau akan segera hilang, tak perlu menebarkan bubuk kopi ini karena akan menyulitkan kita membersihkannya nanti.
  • Daun Pandan
Daun pandan selain bermanfaat sebagai pewangi dalam makanan atau kue, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengusir bau tidak sedap atau menjadikannya sebagai pewangi ruangan alami. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan, iris tipis-tipis, letakkan dalam wadah kecil dan taruhlah di ruangan yang berbau. Jika digunakan sebagai pewangi ruangan yang cukup besar, letakkan beberapa wadah dalam sudut ruangan tersebut agar wanginya mampu mencakup seluruh ruangan.
  • Daun Sirih
Daun sirih selama ini banyak dikenal sebagai daun yang mempunyai manfaat sebagai jamu ataupun ramuan obat herbal. Padahal apabila kita tahu lebih lanjut, daun sirih ini juga mampu menetralkan bau busuk. Caranya, ambil beberapa daun sirih dan letakkan di sudut ruangan yang berbau. Secara otomatis bau busuk tersebut akan segera hilang.
  • Air Jeruk Nipis
Selain enak digunakan sebagai es ataupun campuran teh hangat, sudah bukan rahasia lagi jika air jeruk nipis mempunyai khasiat efektif mengusir bau anyir pada perabotan rumah tangga atau peralatan dapur. Biasanya para ibu menggunakannya sebagai pengusir bau pada saat mencuci perabotan dapur, namun pada jaman sekarang banyaknya produk pembersih yang sudah mengandung jeruk nipis atau lemon membuat ibu-ibu jarang menggunakan air jeruk nipis ini sebagai bahan pemebersih sekaligus penghilang bau alami. Kebanyakan ,menggunakanny sebagai bahan penghilang bau pada ikan atau daging sebelum di masak. Apabila ingin menggunakannya sebagai penghilang bau pada perabotan Anda, cukup percikkan air jeruk nipis ini pada perabot tersebut, tak lama kemudian makan bau akan hilang.

Selamat Mencoba :)

diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment