Thursday, April 3, 2014

Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Malam/Hari Jumat

Assalamualaikum...
Annyeong...
3 bulan lebih blog ini tidak terjamah,mohon maaf  karena berbagai kendala mengakibatkan kekosongan posting disini.

Saya mulai mengisi blog ini dengan sedikit pengingat di malam Jumat ini. Dalam sistem penanggalan Hijriyah, hari dimulai saat adzan maghrib berkumandang atau sekitar pukul 18.00 WIB. Selama ini banyak diantara kita salah kaprah bahwa malam jumat adalah malam dimana disunnahkan untuk membaca surah Yasiin, padahal apabila kita melihat kembali sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW pada malam jumat, maka kita tidak menemukan dalil kuat mengenai perintah membaca suah Yasiin tersebut.

foto : @alfatih studio
Pada beberapa kajian yang sempat  saya ikuti dan dari penjelasan yang saya pahami, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan Rasulullah pada malam/hari Jumat,diantaranya aalah membaca surah Al Kahfi. Membaca surah Al Kahfi ini bisa dimulai selepas sholat maghrib di malam Jumat sesuai beberapa hadits Rasulullah berikut:


Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani)


 Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

,مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”Al-Mundziri berkata: hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib).

Oleh karena itu mari kita luruskan kembali sunnah-sunnah yang diajarkan Rasulullah kepada kita, agar kita menjadi umat yang seperti beliau sebutkan, yaitu sebaik - baik umat,insyaa Allah...


diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment