Wednesday, June 4, 2014

Muslimah koq Kusem?

"Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan"  (H. R Ath Thabrani dan Al Hakim)

Assalamualaikum...
Annyeong...
Menjadi akhawat (muslimah)  memang harus menjaga diri untuk tetap menjalankan perintah Allah dalam keadaan apapun agar terhindar diri dari fitnah dan tentu saja untuk menjaga izzah (kemulian)  seorang wanita yang telah diberikan Allah. Namun bukan berarti kita bisa seenaknya lho. Jangan sampai dengan alibi menjaga izzah akhirnya kita main tabrak warna dalam berpakaian (ih, gak banget kan ya), males ngrawat wajah, males ngrawat tubuh, hasilnya?  bisa jadi jerawat, BB (bau badan) dan kuman demen banget di diri kita, naudzubillah.

Sebagai seorang muslimah yang merupakan agen langsung pembawa ajaran islam, tentu nya wajib bagi kita menjaga hal tersebut ya. Kalau kita sudah siap berbagi ilmu dengan yang lain meski hanya satu ayat, mau saling nasihat menasihati dalam kebaikan, tentunya kita juga mau dong menjaga diri agar tetap bersih dan gak nyebelin dalam penampilan. Karena bisa jadi pas kita ngomongin hadits atau ayat Al qur'an dengan seseorang, eh si dianya males dengerin hanya karena kita jorok atau kusem, haduhhh jangan sampe deh, naudzubillah.

Oleh karena itu muslimah yang mencintai islam, yang mencintai Allah dan Rasulnya tentu bukan seseorang yang jorok. Apa aja sih yang harus diperhatikan seorang muslimah terhadap wajahnya?  (kali ini kita bahas sektor wajah dulu ya)..
Yuk mari kita intip hal-hal berikut ini:

source: google.com
  1. Jerawat, baik jerawat yang banyaaaak, bernanah, berbekas sampai lubang, komedo ataupun flek hitam biasanya sering mengancam wajah kita, apalagi pengaruh hormon saat menstruasi. Seorang muslimah yang baik tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi begitu saja, dia pasti akan berusaha membersihkannya. Penggunaan make up yang menor yang berujung pada tabarruj memang dilarang, namun... bukan berarti kita tidak merawat wajah kan?  Tidak ada larangan kita melakukan perawatan wajah secara khusus baik itu facial, terapi atau yang lain, selama itu tidak melanggar hukum syara' tentunya dibolehkan, bahkan dianjurkan apalagi untuk yang sudah bersuami.  Berpenampilan menarik dan cantik di hadapan suami adalah sunnah. Maka silahkan saja gunakan pembersih muka, pelembab, krim siang, krim malam, facial, sunblock atau apa saja yang bisa membantu kita menjaga wajah tetap segar dan ceria. Yang penting perhatikan bahannya, aromanya dan caranya. Jangan sampai demi menjaga wajah kita melanggar hukum syara' seperti mencukur alis, menggunakan parfum, atapun bertabarruj, naudzubillah.
  2. Bibir pecah-pecah. Ya, mungkin kita memang tidak menggunakan lipstik berlebihan saat keluar rumah ya. Tapi bukan berarti kita akan membiarkan bibir kita pecah-pecah bahkan sampai berdarah, idiiihhh.. malesnyaaaa... Kalau memang dibutuhkan, gunakan lipbalm setelah mandi pagi dan sebelum tidur agar kelembaban bibir terjaga. Boleh juga kita gunakan madu sebagai alternatif lipbalm.  Jangan sampai saat kita bicara sama orang, tuh orang malah mikir kita adalah orang paling ngenes sedunia yang tidak minum bertahun-tahun sampai bibir kita pecah-pecah atau kita dianggap punya sariawan menahun, duh! Namun jangan lupa juga memperhatikan bahwa penggunaan lipstik yang aduhai hanya boleh dihadapan suami. Kenapa? ya biar terjaga kehormatannya dan terbebas dari fitnah dunia.
  3. Gigi, adalah satu hal yag sering luput dari kita para muslimah (termasuk saya hehe... Berharap sejalan denga tulisan ini saya semakin rajin merawat gigi :D).  Meski hanya dirumah bukan berarti kita males gosok gigi ya, ih amit2... jangan lupa selalu sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Bila perlu kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi. Kalau memang menyukai ramuan alami seperti kulit jeruk, baking soda ataupun yang lain untuk memutihkan gigi silahkan saja dipilih yang cocok. Kalau gigi bersih, nafas segar, orang lain pun senang kita ajak ngobrol.
  4. Bulu hidung. Hayo siapa yang bulu hidungnya suka manjang dan males merapikannya? duh.. jangan sampai ya. Bulu hidung berbeda dengan bulu alis yang semakin bagus saat memanjang. Bukan hanya mengganggu penampilan, tentunya kita juga risih kalau tuh bulu tidak segera dirapikan.
  5. Pola makan,  ini juga harus dijaga. Selain buat jaga wajah agar selalu seimbang kelembabannya, pola makan juga bisa membantu kita menghindari bau mulut tak sedap. Makanya penting untuk diperhatikan untuk kita, karena selain demi menjaga area wajah tentunya pola makan akan menjaga kesehatan kita.
  6. Terakhir dan paling penting adalah menjaga wajah agar terhindar dari wajah cemberut, bete, kesel, jutek dan tidak bersahabat. Jangan sampai wajah kita yang udah kita jaga kebersihan dan kesegarannya jadi eneg diliat karena kita bawaannya cemberut mulu, males kan liat orang cemberut mulu. Berikanlah wajah yang senantiasa kalem dan bersahabat namun bukan berarti kita senyum-senyum dengan semua lelaki ya, idihhh naudzubillah... yang penting jangan pernah menunjukkan wajah bete, apalagi dihadapan suami, big no!



credit: diolah dari buku salon kepribadian (Asma Nadia)  bab sekitar wajah



1 comment: