Sunday, March 15, 2015

Daun Mimba Pohon Soekarno

Assalamualaikum...
Annyeong...
 Beberapa hari ini akibat alergi debu dicampur remah-remah daun padi pada musim panen membuat saya sedikit stres karena efek gatal dan ruam merah pada kulit. Mulai dari beberapa minyak oles, balsem, bedak anti gatal sampai air garam sudah saya berikan pada kulit yang merah dan bruntusan akibat alergi. Dokter? Ah mana mau saya ke dokter urusan begini. Untuk minum obat apotik atau jamu pahitan saja ogah. Karena terlalu banyak mengkonsumsi obat bersih darah atau jamu pahitan berefek tak baik bagi kesuburan reproduksi. Hingga akhirnya saya teringat masukan nenek dan ibu, yaitu menggunakan daun mimba.

source: google.com
Mimba atau Daun Mimba atau orang jawa menyebutnya imba (baca : imbo) atau Azadirachta indica A. Juss. adalah daun-daun yang tergolong dalam tanaman perdu/terna yang pertama kali ditemukan didaerah Hindustani, di Madhya Pradesh, India. Mimba datang atau tersebar ke Indonesia diperkirakan sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama adalah di Pulau Jawa.Tumbuh di daerah tropis, pada dataran rendah. Tanaman ini tumbuh di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura pada ketinggian sampai dengan 300 m dpl, tumbuh di tempat kering berkala, sering ditemukan di tepi jalan atau di hutan terang. Di Arab pohon ini dikenal sebagai pohon Soekarno karena pada masa pemerintahan raja Fahd, pak Karno mempelopori penanaman pohon ini di padang Arafah saat berkunjung kesana.

Pohonnya merupakan pohon yang tinggi, batangnya dapat mencapai 20 meter dengan struktur kulit kasar dan keras. Daunnya lonjong menyirip dan ada gerigi disampingnya. Daun inilah yang mempunyai manfaat yang tidak terduga bagi sebagian orang.

daun mimba yang telah direbus
Daun mimba mengandung senyawa-senyawa diantaranya adalah β-sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine. Beberapa diantaranya diungkapkan memiliki aktivitas antikanker.  Daun mimba digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit, antiinflamasi, demam, antibakteri, antidiabetes, diare, gagal liver, hepatitis, malaria, masuk angin, tekanan darah rendah, bahkan penghambat pertumbuhan HIV.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di India daun ini juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Caranya dengan merebus daun mimba dan digunakan mandi terbukti dengan 2x mandi rasa gatal yang menyerang langsung hilang. Selanjutnya saya tetap mandi dengan rebusan daun mimba ini untuk menghilangkan bekas ruamnya. Tidak hanya itu, mencuci muka secara rutin beberapa hari jerawat saya langsung kempes dan bekasnya pun perlahan hilang.


diolah dari berbagai sumber

1 comment:

  1. Terima kasih infonya, bias buat obat saat panen padi nanti. thanks ya ...

    ReplyDelete