Thursday, September 24, 2015

Another Daily Kitchen Hacks (part 1)

Assalamualaikum kawans...
Annyeong....
Happy Eid al Adha Mubarak to you all my beloved sisters and brothers.

Bicara tentang hari raya kurban tentunya tidak jauh dari daging kurban, masak dan dapur. Urusan dapur kadang menjadi sedikit ribet dan emejing karena beberapa hal. Diantaranya karena beberapa urusan itu butuh perhatian yang membuat kita kadang menghabiskan banyak waktu atau tidak bisa bermulti-tasking.

Kali ini saya mau cerita tentang beberapa cara jitu nge-hack kerjaan dapur sehari-hari yang biasa saya lakukan untuk membantu memudahkan atau mengefisienkan waktu saya di dapur. Duuuh...bahasanya ye, agak-agak belagu kayaknya :D
Iyes, memang disengaja biar pada gemes kayak sama teletubbies :p

Oke kita mulai aja,  

  • First bahkan ini tadi baruuu aja saya lakukan pas nyiapin makan siang tadi. Tadi bikin empal goreng aja sih sama sambal tomat, dipadukan dengan nasi hangat, du du du...ileran deh :D Pada saat kita merebus daging biasanya kan sering tuh pake acara air dipanci tumpah-tumoah sampai ngotorin kompor, udah gitu kita hanya diam nunggu panci tanpa melakukan apapun. Untuk mencegah hal ini terjadi lakukan hal berikut: letakkan sendok kayu diatas panci selama merebus makanan yang meluap-luap airnya saat mendidih, seperti daging, kedelai dll. Secara umum teorinya sih begitu tapi kadang teknis di lapangannya beda ya kawan. Biasanya, meski sudah saya beri sendok kayu kadang air masih tumpah sehingga saya harus menunggu sampai mendidih. Saat pertama mendidih dan air naik, kompor saya matikan, mengaduknya sebentar kemudian menyalakan kompor kembali, dijamin deh air tidak akan tumpah-tumpah lagi. Saya bisa ngulek bumbu, sholat dzuhur, ngobrol sama suami dan ngopi ,halah :D Tapi maafkan ini gambar saat diambil saya gunakan parutan kayu yang sudah patah, karena satu dan beberapa hal benda yang terbuat dari kayu yang paling gampang disabet dari deket kompor ini sih whihihi

  • Kedua, silahkan tambahkan jahe yang telah digeprek ke dalam daging yang direbus. Hal ini bertujuan membantu mempercepat proses pengempukan dan membantu mengurangi amisnya daging.

  • Tiga, saat mengupas salah satu bumbu yaitu bawang putih, cara paling cepat adalah mengocoknya dengan sangat kuat di dalam wadah tertutup. Kadang juga saya geprek utuh dulu sih dibawah talenan, hasilnya sama, kulit bawang hampir terkupas sempurna

  • Empat, kadang kita kesulitan mengupas kulit saat makan telur rebus. Agar telur rebus mudah dikupas, rendam telur yang baru saja direbus didalam air (bersuhu ruang) selama beberapa menit, dijamin telur akan lebih mudah untuk dikupas

Demikian beberapa tips di dapur yang sering saya lakukan, akan bersambung di sesi berikutnya yaaaaa....stay tune..
Semoga bermanfaat ^^


diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment