Tuesday, September 22, 2015

Jenis Tepung Terigu

Assalamualaikum...
Annyeong...
Saat kita membaca resep, kadang ada yang menulis tidak hanya sekedar tepung terigu,namun juga ditulis beberapa jenis tepung seperti tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang atau tepung terigu protein rendah. Kadang ada diantara kita yang memang masih awam tentang hal ini, sehingga saat mencoba resep sering menggunakan sembarang tepung. Padahal jenis tepung juga berpengaruh pada hasil akhir masakan/kue lho kawans. Akan terdapat perbedaan tingkat rasa, kelembutan dan juga teksturnya. Lalu bagaimana cara kita membedakannya?

Ada beberapa merk tepung dipasaran yang tentunya kita harus mengenalnya dulu satu persatu. Perbedaan ini dilihat dari kandungan protein didalamnya sehingga jika kita mau lebih teliti, kita juga bisa langsung mengecek jumlah kandungan protein dari tepung tersebut untuk mengetahui tepung tersebut masuk golongan mana.
source: www.bogasari.com
  • Tepung terigu protein rendah
 Adalah tepung terigu yang mengandung protein maksimal 11%. Cocok digunakan untuk biskuit, sponge cake (black forest, chocolate cake, lapis Surabaya, Swiss roll) lapis legit, pancake, chiffon cake,cookies, egg drop dan aneka kue kering. Contoh merk dari tepung ini adalah Kunci Biru dari Bogasari. 
  • Tepung terigu protein sedang
Merupakan tepung terigu yang mengandung protein 11 - 12,5% atau biasa disebut tepung terigu serbaguna. Cocok digunakan untuk aneka makanan seperti pound cake termasuk didalamnya adalah aneka bolu, brownies, waffle, donat, martabak manis, bakpao dll. Contoh merk dari tepung ini adalah Segitiga Biru dari Bogasari.
  • Tepung terigu  protein tinggi
Kandungan proteinnya berkisar antara 13 - 14%. Cocok digunakan aneka roti dan mie, diantaranya roti tawar, sandwich, mie kuning, mie telor dll. Contoh merk dari tepung ini adalah Cakra kembar dari Bogasari. 

Selain itu ada juga jenis tepung lain dengan kandungan di bawah 11% diantaranya adalah merk Lencana Merah dari Bogasari dengan kandungan protein minimal 9,5% yang biasanya cocok untuk aneka gorengan, kue basah dan jajanan pasar.


diolah dari : bogasari.com


No comments:

Post a Comment