Friday, October 2, 2015

Menggugat Wanita (Lagi)

Assalamualaikum...
Annyeong...
Mau curhat nih. Duh ni orang makin kesini kenapa makin cerewet buat curhat ya? hihihi maapkeun saya kawans, soalnya dari kemarin saya denger banyak cerita sana sini kembali menyoal tentang hak dan kewajiban wanita sebagai istri, diluar tanggung jawab dia sebagai seorang ibu. Mulai dari teman sampai tetangga, ternyata masih aja ada yang meributkan masalah peran istri dan tugas kenegaraannya (tugas rumah tangga maksudnya).  Mungkin saya kurang tahu tentang ayat ataupun kitab yang membahas penuh dan detil apa saja tugas istri dalam mengurus rumahnya secara fisik. Apakah hanya memasak, hanya mencuci, hanya membereskan rumah, atau bahkan mungkin semua itu bukan tugas dia sama sekali.

Memang saya pernah denger dan baca pada beberapa artikel islami kalo tugas-tugas rumah tangga seperti masak, nyuci baju, nyetrika, ngepel, bersih - bersih dan lain sebagainya itu bukan tugas istri, melainkan tanggung jawab suami, entah itu dia lakukan sendiri atau memperkerjakan seorang asisten rumah tangga (ART). Awalnya sih saya agak kaget juga dengan fakta ini, namun dengan dukungan dalil dalam artikel tersebut mau tidak mau memang saya bisa menerimanya. Apalagi ketika mendengar riwayat sayyidina Umar bin Khattab saat beliau ditanya mengapa beliau diam saat istrinya marah, beliau menjawab "karena dialah istri dan ibu dari anak-anakmu yang mengurus segala keperluanmu, membuat roti (dalam hal ini masak, red), mencuci bajumu dan menyusui anak-anakmu meskipun itu bukan tugasnya"  (sebuah riwayat yang diceritakan dalam program mozaik islam transTV).  Maka kemudian saya tak lagi heran ketika tetangga saya yang notabene gadis pesantren, yang setelah nikah ternyata tak mau melakukan tugas rumah tangga itu dengan motif bahwa semua itu bukan tugas seorang istri, dan saya pun tak kaget lagi saat suaminya yang juga orang pesantren mengamininya. Iyalah mereka sama-sama paham, mungkin kalo kita yang gak paham ini jadi suaminya, mungkin bakal marah, and well.. his husband enjoy it.

sumber gambar : etsy. com

Terlepas dari semua itu, saya pribadi sungguh kagum dan bangga dengan para istri dan ibu yang sanggup mengurus pekerjaan rumah tangganya sendiri ditambah dengan mengurus dan mengasuh anak-anak mereka. Saya salut dengan wanita karir yang berangkat pagi pulang sore, bahkan kerja shifting namun masih sanggup mengatasi segala keribetan di rumah dengan tangannya sendiri. Dan sayapun bersyukur untuk para istri dan ibu yang telah dibantu seorang ART atau babysitter dalam tugasnya, bersyukur mereka diberi keringanan oleh suami mereka. 

Dan dalam pandangan saya, sebenernya menjadi seorang wanita itu sungguh beruntung. Iya, beruntung banget! Bukan hanya dia dibebaskan dari tugas mencari nafkah untuk keluarganya, tapi dia juga diberi keringanan. Keringanan apa? saya pernah ingat ada hadits yang secara umum bunyinya begini  "seorang istri yang taat pada suaminya dan melakukan sholat lima waktu dan puasa ramadhan, maka dia bebas memilih dari pintu surga mana dia akan masuk"  saya agak lupa redaksi kata dan sumbernya tapi saya ingat benar bahwa hadits ini sahih, duhhh maafkan saya gak ahli kalo masalah dalil gini. Tapi kalo kita baca sekilas aja maksudnya pasti kita akan bilang bahwa wanita itu sungguh beruntung. Dengan tugas taat, sholat wajib dan puasa wajib aja dia udah bisa masuk surga, sementara lelaki!? hmmm... tau sendiri kan ya, maka jangan sepelekan tugas lelaki karena emang tugas mereka berat, tanggung jawab mereka dunia akhirat. 

Maka saya sendiri punya pandangan bahwa sebenarnya menjadi istri adalah kesempatan yang seluas-lusnya untuk mencari tambahan pahala. Suami, anak-anak dan rumah tangga kita adalah ladang pahala paling mudah dan paling dekat yang bisa kita temui 24 jam. Bisa dibayangkan donk, mulai sebelum subuh kita bangun kita bisa sholat tahajud, dilanjut nyiapin sarapan, nyuci baju, bersih-bersih dan lain-lain, coba hitung sudah berapa banyak pahala yang terkumpul jika kita tulus dan ikhlas melakukannya. Belum lagi pekerjaan lain yang kita lakukan di siang dan malam hari ditambah ibadah sunnah seperti sholat dhuha, puasa senin kamis dsb, mungkin kita bisa ngalahin pahala para kaum lelaki tuh. Gak ada salahnya koq kalo kita melakukan semua sendiri, gak usah malu pun gak usah gengsi, malah sebenernya kita harus bersyukur diberi ladang pahala yang luas oleh Allah. Kalo masih mikir gengsi inget deh riwayat sayyidah Fatimah, putri Rasulullah. Beliau mengerjakan pekerjaan rumah tangganya sendiri sampai tangannya kasar, dan juga mengasuh anak-anaknya sendiri sehingga terdidik dengan baik. Beliau gak mentang-mentang putri rasul kemudian tidak mau melakukan pekerjaan rumah tangga, malah beliau inilah yang akhirnya banyak menjadi motivasi dan inspirasi wanita muslimah saat ini. 

Kamu bisa bilang gitu karena sekarang kamu udah gak kerja diluar? pernah loh ada yang ngatain saya gitu. Saya mah kalem aja. Dia kan gak tahu kalo pas saya masih kerjapun masak, bersih-bersih dan nyuci semua saya kerjain sendiri, kalo nyetrika aja  tuh saya kasih londri karena emang saya sendiri gak sanggup. Jangankan pas masih kerja, sekarang aja pas saya masih off gini, urusan nyetrika saya masih manggil orang buat bantu nyetrika aja hihihihi :p

Setiap orang itu punya kemampuan yang beda, kalo emang kita gak mampu, ya bilang aja sama suami, minta dibantu ART buat menyelesaikan tugas negara itu, gak usah sok jadi super woman deh. Apalagi yang kerja diluar ditambah udah punya anak, duhhh.. mending jaga stamina deh. Urusan kerja biar diserahin orang, staminanya buat ngobrol sama suami dan anak aja biar gak sampai kehilangan waktu buat dekat dengan mereka. Ada masa dimana kita bisa melakukan semua sendiri tanpa kehilangan kebersamaan dengan keluarga namun ada juga waktu kita harus mengalah dengan perkerjaan karena faktor kesehatan dan lainnya. Gak usah maksa!Jangan pernah memaksakan diri buat melakukan semua sendiri hanya biar dibilang super woman, super mom, atau multitalented woman. Semua itu gak ada artinya koq, yang penting mah sama-sama nyaman kalo dirumah itu, biar kerasan dan gak jadi beban, tul gak?  as simple like that


sumber gambar : mobavatar. com

No comments:

Post a Comment