Friday, November 13, 2015

Cara Membuat Background Foto Blur Dengan HP Android

Assalamualaikum...
Annyeong...
Ngomongin media sosial tentunya tak luput dengan ngomongin foto. Karena pasti kita sering ya memposting foto baik itu di facebook,path, google+ ataupun Instagram. Nah ngomongin Instagram, kan lagi ngehits banget tuh akun komunitas-komunitas foto yang pastinya foto-foto membernya ciamik dan bikin ngiler. Hayooo sapa ngaku yang suka melting liat foto orang ihihihi..Karena keseringan lihat ini pula kadang kita pengen bisa moto-moto kayak gitu.

Kadang kita pengen bikin foto yang latar belakang alias backgroundnya (BG) blur tapi gak punya kamera yang mendukung, kalau pakai HP bisa gak sih? Bisa....tentunya dengan bantuan aplikasi foto yang banyak tersebar di appstore. Sebenarnya sudah lama saya ingin memposting ini tapi lupa-lupa terus, hihihi..jadi maafkan ya...

Salah satu aplikasi foto yang bisa melakukan ini adalah "After Focus". memang banyak aplikasi foto lain yang menawarkan layanan tilt shift tapi After Focus ini menawarkan layanan tersebut dengan detil dan sesuai keinginan pengguna. Jadi kita bisa memilih bagian mana yang mau dibuat blur atau tidak. Caranya bagaimana? yuk intip...


Pertama silahkan download dan buka aplikasi After Focus seperti dibawah ini. Kemudian untuk memulai pilih menu "Select" pada tombol bagian bawah yang tengah.


Setelah itu silahkan pilih file foto yang akan di edit. Tentukan bagian yang akan di blur dan yang menjadi titik fokus foto. Dan inilah foto yang akan saya edit. Saya menginginkan foto ini mempunyai latar dan bawah meja yang blur, jadi fokusnya ada pada atas meja.


Kemudian pilih metode "smart" untuk melakukan pengeditan dan klik "continue" untuk melanjutkan


Klik tombol "focus" pada bagian bawah kiri untuk menentukan batas area yang menjadi fokus. terlihat digambar yang saya edit fokus foto dibatasi dengan garis putih.


Lanjutkan dengan menekan tombol "BG" untuk menentukan area mana yang akan menjadi background yang blur. Disini terlihat dibatasi dengan garis hitam. Jika ada bagian yang tertinggal bisa di tambahi garis fokus lagi ya kawans. Pokoknya atur sesuai keinginan deh.


Kemudian klik tanda panah yang ada di kanan atas untuk meneruskan. Dan tada.. terlihat kan bagian yang blur dan tidak :)

Untuk komposisi blur bisa dipilih koq, mau yang blur banget atau sedikit aja dengan menekan tombol "blur" pada bagian kiri bawah. Tanda panah yang ada bisa digeser-geser untuk menentukan banyak sedikitnya kuantitas blur di BG. Untuk beberapa kasus seperti foto dengan cahaya berlimpah seperti foto bunga atau pepohonan di alam, kita juga bisa menambahkan efek bokeh dengan menekan tombol "bokeh" di bawah. Setelah semua oke, tinggal klik "save" untuk menyimpannya.


Dan jadilah foto yang kita inginkan.


Aplikasi ini mempunyai satu kelemahan, yaitu tidak bisa menyimpan file dengan ukuran besar untuk yang gratis. Jadi akan lebih baik jika file mentah yang akan kita edit berukuran besar sehingga aplikasi ini akan menyimpan file edit dengan lumayan besar, sekitar 200kb - 400kb. Memang untuk upload di Instagram ada baiknya jika ukuran file diatas 400kb tapi kalau memang harus menggunakan aplikasi ini dan menghasilkan file yang lebih kecil, saran saya jangan sampai file itu di bawah 100kb karena pasti akan menghasilkan gambar yang pecah. Atau jika ingin menyimpan sesui ukuran file asli, beli saja aplikasi Afterfocur pro di appstore. Dan yang harus selalu diingat adalah bahwa sehebat apapun aplikasi dan editing kita takkan mampu menyaingi kebanggaan foto yang diambil dengan persiapan matang. Don't edit too much :) 

No comments:

Post a Comment