Friday, November 13, 2015

Cara Mengedit Foto Lebih Terang atau Gelap di Bagian Tertentu

Assalamualaikum...
Annyeong...
Hai hai...meneruskan tulisan saya tadi ya yang buat edit foto pake hp. Iya tadi jemput kunyil bentar dirumah kakaknya, soalnya dia tadi ikut sekolah, jadi bisa deh megang hape dan laptop secara leluasa. No more guilty karena memang kebiasaan kita megang gadget di depan anak-anak bisa bikin dia ikutan niru apa yang kita lakuin. Makanya jangan marahin anak kalo dia mau main-main gadget, kan orangtua dan sekitarnya sendiri yang ngajarin :)

Oke kembali ke laptop. Kali ini saya ingin berbagi cara mengedit foto agar lebih terang atau lebih gelap dibeberapa bagian tertentu. Bagi yang suka moto makanan kayak saya pastinya sering menggunakan alas warna putih dan hitam karena memang bersifat netral. Biasanya saya pakai kertas manila untuk BG putih dan kertas asturo atau kain hitam untuk BG hitam, jarang memang saya pakai BG bahan lain untuk warna-warna tersebut.

Tapi karena mungkin kelalaian kita, kadang bahan yang kita gunakan sebagai alas menjadi kotor karena noda makanan atau kitanya yang kurang baik menyimpan properti tersebut sehingga membuat noda. Atau dibeberapa kasus kadang saat matahari bersinar kurang jreng, foto dengan BG putih sering menjadi sedikit gelap di pojok-pojoknya. Oleh karena itu aplikasi edit foto akan menjadi salah satu solusinya.

Nama aplikasi ini adalah "Snapseed", satu diantara beberapa aplikasi foto yang biasa saya gunakan. Sebagai contoh saya akan berikan gambar dibawah ini.

Ini adalah foto kaktus dijendela dengan cahaya matahari diluar sedang melimpah ruah. Dengan pengambilan foto yang pas, akan didapat foto kaktus yang terlihat terang, bukan berupa siluet. Kemudian dalam proses selanjutnya saya akan mengedit foto ini agar gambar yang ada diluar terlihat overexposure, karena saya ingin menonjolkan negative space dari foto ini


Download dan buka aplikasi Snapseed. Pilih menu "open photo" untuk memilih foto yang akan di edit.


Klik tombol pensil di kanan bawah kemudian akan muncul menu edit seperti dibawah ini. Pilih menu "selective" untuk menentukan cahaya, saturasi warna dan kontras dibagian-bagian tertentu.


Klik menu "add" sampai berwarna biru dan letakkan di bagian yang ingin diedit. Saya menambahkan di kaca jendela untuk menambah cahaya (simbol B) sampai terlihat putih gonjreng sesuai keinginan saya. Karena satu tombol tidak menghasilkan putih bersih seperti ingin saya, maka saya menambahkan beberapa menu "add" disana. Ini bisa ditambahkan sampai maksimal 10 menu. 


Setelah foto kita edit sesuai keinginan kita, tinggal klik "save" di kanan atas untuk menyimpan gambar.


Dan inilah foto yang saya inginkan saat di upload, menonjolkan sisi negative space yang putih dari cahaya yang berlebih diluar.


Silahkan dicoba dan di eksplore sendiri yah menu-menu di Snapseed, biar lebih mateng dan semakin dapet feel editnya. Tapi.. inget selalu bahwa foto yang baik adalah yang minim edit, lebih baik jika bisa menemukan area buat spot foto yang sesuai dengan keinginan kita daripada harus edit, too much edit bakal bikin kehilangan kesempatan belajar tentang fotografi. Keep learn n see you.....

No comments:

Post a Comment