Wednesday, October 19, 2016

Another Daily Kitchen Hacks (Part 2)


Assalamualaikum...
Annyeong...

Alhamdulillah bisa nulis di blog ini lagi. Sebenarnya tulisan yang ini sudah lama ingin segera di share tapi karena beberapa hal akhirnya lupa dan menguaplah semua keinginan itu :D apalagi di dukung koneksi internet yang agak kembang kempis, membuat nyali ngeblog lari jauh ke angkasa wihihihi..

Tulisan ini adalah kelanjutan post  saya beberapa bulan lalu mengenai beberapa trik di dapur yang bisa kita lakukan sehari-hari. Selain memudahkan tentunya diharapkan beberapa trik ini bermanfaat buat kawans semua dalam perang melawan segala “kejahatan” dapur *ceileh bahasanya :))))

Jeruk Nipis

Hampir semua orang tahu bahwa jeruk nipis sangat membantu dalam proses menyiangi ikan, selain mampu menghilangkan bau amis pada ikan dan daging, jeruk nipis juga mampu membantu mengurangi lendir berlebihan pada ikan. Bukan hanya itu, jeruk nipis juga bisa kita manfaatkan untuk mencuci alat-alat dapur, piring, gelas serta peralatan makan kita sehingga bisa lebih kesat, kinclong  dan tidak amis lagi. Caranya cukup beri beberapa tetes air perasan jeruk nipis di sabun cuci piring, dan gunakan sabun itu untuk mencuci piring seperti biasa.

Selain berguna untuk peralatan dapur, air perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Caranya mudah cukup gosokkan jeruk nipis yang telah dibelah pada noda membandel di pakaian kita, tak lama maka noda tersebut perlahan akan memudar.

Selain berguna untuk memudahkan perkerjaan rumah tangga kita, jeruk nipis dipercaya merupakan alat detoks ampuh bagi tubuh kita. Jika kita ingin menggunakannya, campurkan satu sendok jeruk nipis dengan madu atau cukup jeruk nipis saja dan meminumnya setiap pagi. Atau bisa juga menyajikan hangat sebagai wedang jeruk. Hal ini dipercaya mampu mengeluarkan racun ditubuh kita.


Kayu Manis

Kayu manis terbukti mampu menjaga gula pasir tetap bertekstur bagus dan bebas gumpalan. Seringkali kita mendapat masalah, entah dari kondisi udara atau kualitas gula, kadang gula yang tersimpan di toples seringkali menggumpal, terutama jika disimpan terlalu lama. Untuk menghindari hal tersebut, letakkan 1-2 batang kayu manis di dalam toples gula, seberapa lamapun kita menyimpannya, gula kita akan bebas dari menggumpal.


Bubuk Kopi

Selain enak dikonsumsi dan juga sebagai teman bersantai, bubuk kopi juga sangat ampuh mengusir bau. Bukan hanya di dalam kulkas, namun di semua ruangan. Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun dalam adat masyarakat kita. Caranya sangat mudah, letakkan beberapa sendok bubuk kopi pada sebuah wadah, letakkan di dalam kulkas untuk mengusir bau amis dari ikan dan daging, atau di tempat-tempat yang mempunyai bau tak sedap. Tidak membutuhkan waktu lama bagi kopi untuk menyerap dan menghilangkan bau tak sedap ini. Selain sebagai pengusir bau, bubuk kopi juga bisa ditempatkan di pojok-pojok ruangan sebagai aroma terapi dan sebagai anti polutan.


Bekas Teh

Jika kawans mengkonsumsi teh setiap harinya, tentu kawans mempunyai bekas teh baik itu berupa kantong teh atau ampasnya. Jangan terburu-buru dibuang ya kawans. Bekas teh ini dapat membantu kita membersihkan noda di peralatan dapur kita ataupun pada kaca dan cermin. 

Caranya cukup gosok kaca/cermin atau peralatan dapur kita menggunakan bekas teh tersebut kemudian bilas seperti biasa. Untuk kasus pada peralatan dapur tentunya setelah digosok dengan bekas teh ada baikknya kita gunakan sabun untuk menghilangkan bau sisa teh ataupun lainnya.

Gampang dan murah meriah banget kan. Untuk membuat rumah bersih dan bebas bau memang tidak perlu mahal, cukup lihat sekitar kita dan manfaatkan apa yang ada semaksimal mungkin. Selamat mencoba ^^


diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment