Tuesday, December 27, 2016

EZCooking Challenge Kepiting Hitam ala Cak Gundul (With Recipe)

Assalamualaikum...
Annyeong...
Ciee... yang nge-update blog, jiahaha..rasanya pengen ketawa geli kalo inget sindiran suami kemarin. "koq ga pernah update blog sih? iso mati plethes" katanya, dan saya jawab dengan kalem "wifi lemot, butuh oven baru keknya, oven gas biar bisa jadi bakul roti beneran, ga cuma asisten" :D :)) Asli modus hihihi...

Dengan adanya sindiran ini, akhirnya memang saya rencanakan hari ini mau update blog ini. Kebetulan drama Korea yang biasa tayang hari Senin - Selasa libur dan kebetulan hari ini ada yang pengen saya ceritakan, jadi cucok lah

Ceritanya sekitar 2 minggu yang lalu, EzCookingBaking Surabaya studio ngadain challenge masak kepiting dengan resep kepiting hitam ala Cak Gundul dari chef terkenal Reza Liem. Sebenarnya dari dulu sudah pengen banget bisa ikut salah satu challenge dari studio masak satu ini tapi selalu terbentur kesediaan bahan. Maklum, saya masih belum diijinkan keluar jauh sendiri jadi tidak sebebas dulu yang kalau butuh apa-apa bisa langsung breetttt keluar sendiri. Kemudian pas liat bahan dari challenge saat itu kebetulan semua tersedia di rumah, tinggal beli kepiting aja, maka BBM lah saya ke suami tanya bisa apa ga beli kepiting, pertama untuk bapak yang kebetulan dalam proses pemulihan setelah sakit dan kedua buat ikutan lomba masak kata saya. Dan suami bilang "iya gampang nanti tak cariin yang bertelur aja biar besar enak". Pucuk di cita ulampun tiba, Jum'at malam suami pulang dengan kepiting besar-besar dengan harga yang spesial pula, murce cyintt...(coba suami mau digratisin pasti lebih seruu hihihi *otak emak-emak :D )
Kemudian paginya dimasaklah itu kepiting, sebagian untuk asem-asem kepiting buat bapak, sebagian buat lomba dan sebagian dimasak asem manis buat ponakan. Jadi ini judulnya restu suami dan niat baik menyenangkan hati orangtua, Alhamdulillah bisa dapet juara 3. Aseliikk ga nyangka, karena para master UK ikut, udah jiper duluan rasanya. Hadiahnya kompor gas portable merk TECSTAR yang keren, berat dan mewah. Kayaknya Allah tau banget dech kebutuhan saya, kebetulan memang mau beli kompor karena yang lama sudah lamaaa banget keknya :D

diambil dari akun Instagram @ezcookingbaking

Selain bersyukur karena dapat hadiah, saya juga seneng karena bisa merasakan masak ala chef  terkenal. Rasa dari masakan ini disinyalir seperti rasa yang dihidangkan di restoran aslinya, dan memang rasanya enak, gurih, manis dengan sedikit pedas merica di akhir rasa (kalau yang tidak suka merica bisa dikurangi kadarnya). Jadi kalau kawans pengen nyoba masak kepiting dengan mudah dan cepat, saya sangat ngerekomendasiin resep ini. Saya bagi resep dan caranya di bawah ya..


KEPITING HITAM ala CAK GUNDUL
Source : Reza Liem
Bahan: 
  • 2 ekor Kepiting 

Bahan Saus:
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sdm saus tirsm
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm arak fermentasi tape (optional dan saya skip)
  • Secukupnya raja rasa
  • 1 sdm margarin
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica bubuk
  • 1/2 sdt chicken powder
  • 1 sdt kecap manis
  • 5 gr jahe
  • 10 sdm air
  • 1 batang daun bawang pre, iris menyerong 


Cara Membuat:
  • Bersihkan kepiting (sikat, cuci, tusuk perutnya, buka cangkangnya, guyur air mengalir) dan rebus sampai matang
  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe
  • Panaskan penggorengan dan masukkan margarin
  • Tumis duo bawang dan jahe sampai harum, masukkan daun bawang pre
  • Masukkan saus tiram, raja rasa, kecap manis, kemudian tambahkan air
  • Bumbui dengan gula, garam, chicken powder dan merica bubuk 
  • Masukkan arak tape, aduk hingga harum
  • Masukkan kepiting, aduk rata dan biarkan bumbu meresap sempurna, lalu siap disajikan


Waktu saya hidangkan buat brunch suami sebenarnya agak ragu, karena suami adalah pecinta makanan pedas garis keras, sementara masakan ini bukan termasuk didalamnya. Tapi unbelievable, ternyata suami suka dan nambah nambah nasi :D dan bilang "Ini persis kek saus udang yang kita makan di alun-alun Lamongan, ga pedes tapi enak ga bikin eneg".  Saya waktu itu emang ga mesen udang ini jadi ga tau juga hihihi..
Pokoknya recomended banget lah resep ini, mudah, cepat, praktis dan yang penting enaaaakkk

No comments:

Post a Comment