Sunday, March 5, 2017

Es Krim Jambu Biji Merah

Assalamualaikum
Anyeong...
Bulan Februari ditutup dengan serangkaian kesibukan tak terduga. Mulai dari bolak balik RS buat nganter bapak terapi, hectic-nya kesibukan di rumah yang tumpang tindih, sampai ditutup dengan berita bahagia tentang lahirnya ponakan perempuan baru, Alhamdulillah...
Semingguan ini cuaca tak terduga, siang panas membahana dan malam hujan lebat tak terkira yang membuat gerah sepanjang siang. Hingga akhirnya beberapa kali memutuskan bukan hanya membuat jus dan es segar, tapi juga sampai pada keinginan membuat es krim. Dan diantara es krim yang saya buat adalah es krim jambu biji merah. Kenapa memilih jambu biji merah? Satu, karena dirumah lagi banyak jambu dari hasil kebun bulek, hampir tiap hari bisa dipanen meski hanya sekedar buat incip. Kedua karena jambu biji merah kaya akan nutrisi dan manfaat untuk tubuh.
 

Jambu biji merah diketahui berasal dari daratan Meksiko yang kemudian banyak menyebar di benua lain. Buah yang memiliki rasa manis dan enak ini mempunyai kandungan fitonutrien yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, jambu merah juga disinyalir merupakan salah satu antioksidan dan penangkal radikal bebas yang ampuh bagi tubuh. Bukan hanya vitamin A, jambu merah juga mengandung vitamin C yang kandungannya 4x lebih baik dibanding dengan vitamin C yang terkandung dalam jeruk. Oleh karena itu buah yang juga bernama lain guava ini banyak dikonsumsi baik dengan cara langsung dimakan maupun diolah menjadi jus ataupun makanan lain.

look: esnya mulai cair, kelamaan motretnya :D
Sederet manfaat untuk mencegah berbagai penyakit mulai dari mencegah kanker, mengendalikan tekanan darah, menyehatkan kelenjar tiroid, membantu proses penyerapan nutrisi sampai menjaga fungsi saraf dan otak adalah salah satu kelebihan jambu biji merah. Kelebihan yang lain adalah banyaknya manfaat jambu merah untuk kecantikan. Diantaranya adalah bisa membantu mencegah proses penuaan dini, mengencangkan kulit, mencegah kulit dari UV dan juga merawat rambut. Berdasarkan hal inilah maka keinginan membuat es krim jambu mencuat ke permukaan hehehe... Enggak sih, aslinya penasaran aja gimana hasilnya kalo bikin es krim pake jambu merah. Pas kemarin cerita ke suami tentang keinginan ini, suami malah spontan jawab "ndang bikin" waaahhh...tentu saja jadi semangat 45 donk buat bikin. Tapi yang difoto ini saya hanya memblender sebanyak 2x saja karena terburu waktu. Untuk mendapat sensasi tekstur creamy dan lebih halus silahkan dilakukan proses blender sebanyak 4-5x.


ES KRIM JAMBU MERAH

Bahan:
  • 600 gr jambu biji merah, kupas dan cuci bersih, potong-potong sesuai selera
  • 2 sdm gula, atau sesuai selera
  • 50 ml susu kental manis
  • 100 gr whipp cream bubuk
  • 200 ml air es SANGAT DINGIN

Cara Membuat:
  • Blender jambu merah, susu kental manis dan gula sampai halus. Saring untuk membuang bijinya
  • Kocok whipp cream dan air es sampai kaku. Masukkan jambu merah, aduk balik sampai rata
  • Bekukan dalam freezer selama 1 jam, kemudian keluarkan dan blender. Ulangi proses ini sampai 3-4x
  • Masukkan dalam wadah tertutup dan bekukan dalam freezer semalaman. Es krim siap disajikan

No comments:

Post a Comment